Pages

Jumat, 03 Juni 2016

Apa Itu Bumi?

Bumi adalah planet rumah kita. Para ilmuwan percaya bumi dan bulan yang membentuk sekitar waktu yang sama sebagai sisa dari sistem surya. Mereka berpikir bahwa itu sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Bumi adalah planet terbesar kelima di tata surya. diameternya sekitar 8.000 mil. Dan Bumi adalah planet ketiga terdekat dengan matahari. Rata-rata jarak dari matahari adalah sekitar 93 juta mil. Hanya Merkurius dan Venus lebih dekat.
Bumi telah disebut "planet Goldilocks." Dalam kisah "Goldilocks dan Tiga Beruang," seorang gadis kecil bernama Goldilocks menyukai segala sesuatu yang tepat. bubur tidak bisa terlalu panas atau terlalu dingin. Dan tempat tidurnya tidak bisa terlalu keras atau terlalu lembut. Nah, Planet Bumi, tepat terletak di orbit yg tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, sehingga Bumi adalah satu-satunya planet di mana kehidupan diketahui ada.
Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki sejumlah besar air cair, ilmuan pernah berkata “dimana terdapat air, disanalah kehidupan lahir, tak peduli air asin, ataupun air tawar, yg terpenting itu adalah air cair”.

Bentuk Bumi?
Dari angkasa, Bumi terlihat seperti marmer biru dengan swirls putih dan daerah coklat, kuning, hijau dan putih. Biru adalah air, yang mencakup sekitar 71% dari permukaan bumi. Pusaran putih awan. Bidang coklat, kuning dan hijau tanah. Dan bidang putih es dan salju.
khatulistiwa merupakan lingkaran imajiner yang membagi bumi menjadi dua bagian. Bagian utara disebut belahan bumi utara. Setengah bagian selatan disebut belahan bumi selatan. Titik paling utara di Bumi disebut Kutub Utara. Titik paling selatan di Bumi disebut Kutub Selatan.

Bagaimana Apakah Bumi Bergerak?
Bumi mengorbit matahari setiap 365 hari, atau satu tahun. Bentuk orbitnya tidak cukup lingkaran sempurna. Ini lebih seperti oval, yang menyebabkan jarak bumi dari matahari bervariasi sepanjang tahun. Bumi adalah yang terdekat matahari, atau "perihelion," pada bulan Januari ketika itu sekitar 91 juta mil jauhnya. Bumi terjauh dari matahari, atau "aphelion," pada bulan Juli ketika itu sekitar 95 juta mil jauhnya.
Di khatulistiwa, Bumi berputar pada lebih dari 1.000 mil per jam. Bumi membuat putaran penuh pada porosnya sekali setiap 24 jam, atau satu hari. sumbu adalah garis khayal melalui pusat planet dari Kutub Utara ke Kutub Selatan. Daripada lurus ke atas dan ke bawah, sumbu Bumi miring pada sudut 23,5 derajat.

Mengapa Kita Memiliki Siang and Malam?
Pada setiap waktu, setengah dari Bumi diterangi oleh matahari dan setengahnya adalah kegelapan. Area menghadap ke arah matahari menjadi siang hari. Area tidak menghadap matahari menjadi malam. Selama Planet berputar, sebagian besar tempat di Bumi mengalami putaran penuh siang dan malam setiap 24 jam sekali. Sedangkan di Kutub Utara dan Kutub Selatan memiliki siang hari terus menerus atau kegelapan tergantung pada waktu pada tahunnya.

Mengapa Bumi memiliki Musim?
Bumi memiliki musim karena porosnya miring. Dengan demikian, sinar matahari menghantam bagian yang berbeda dari planet.
Bulan Juni sampai Agustus, sinar matahari menghantam belahan bumi utara lebih langsung dari belahan bumi selatan. Hasilnya adalah hangat (musim panas) cuaca di belahan bumi utara dan dingin (musim dingin) cuaca di belahan bumi selatan.
Dari Desember hingga Februari, sinar matahari menghantam belahan bumi utara kurang langsung dari belahan bumi selatan. Hasilnya adalah dingin (musim dingin) cuaca di belahan bumi utara dan hangat (musim panas) cuaca di belahan bumi selatan.
Dari September sampai November, matahari bersinar sama di kedua belahan planet. Hasilnya adalah musim gugur di belahan bumi utara dan musim semi di belahan bumi selatan.
Matahari juga bersinar sama di kedua belahan otak dari Maret sampai Mei. Hasilnya adalah musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan.

Apakah Bumi memiliki bagian yg berbeda?
Bumi terdiri dari tanah, udara, air dan kehidupan. tanah mengandung pegunungan, lembah dan daerah datar. udara terdiri dari gas yang berbeda, terutama nitrogen dan oksigen. Air meliputi lautan, danau, sungai, hujan, salju dan es. Hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Ada jutaan spesies, atau jenis kehidupan, di Bumi. Ukuran mereka berkisar dari sangat kecil sampai yang sangat besar.
Di bawah permukaan bumi adalah lapisan batuan dan logam. Suhu meningkat pada seluruh lapisan kedalaman planet sekitar 12.000 derajat Fahrenheit sekitar 6649 panci dengan air mendidih kemudian panasnya diakumulasikan, atau 6,5 kali lipat magma pijar pada gunung berapi sepanas itulah lapisan pada inti bumi.
Dahulu kala, bagian bumi sekali dipandang sebagai bagian besar yang terpisah-pisah dari satu sama lain. Tapi sekarang mereka dilihat bersama-sama sebagai sebuah "Sistem Bumi." Setiap bagian terhubung dan mempengaruhi setiap bagian lain. Sebagai contoh:
  •           Awan di udara menjatuhkan hujan dan salju.
  •          Air memberi kehidupan kepada tumbuhan dan hewan.
  •          Gunung berapi di darat menghembuskan gas dan debu ke udara.
  •      Manusia menghirup udara dan meminum air.       


Ilmu Sistem Bumi ini adalah studi tentang interaksi antara bagian-bagian bumi yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar