Pages

Jumat, 10 Juni 2016

Gerhana Bulan dan Matahari

Gerhana terjadi ketika sebuah planet atau bulan berada pada jalur cahaya matahari. Di Bumi, kita dapat mengalami dua jenis gerhana: gerhana matahari dan gerhana bulan.

Perbedaannya?

Gerhana Matahari

Sebuah gerhana matahari terjadi ketika bulan menghadap matahari dan membelakangi bumi. Itu berarti siang hari, bulan bergerak tepat diatas matahari dan membuat sebagian kecil wilayah di bumi menjadi gelap akibat cahaya matahari yg terhalangi oleh bulan. Apakah tidak aneh bahwa hari gelap di tengah hari?

gerhana ini terjadi setiap tahun dan setengah di suatu tempat di Bumi. Sebuah gerhana parsial, ketika bulan tidak sepenuhnya menutupi matahari, terjadi setidaknya dua kali setahun di suatu tempat di Bumi.


Catatan: Diagram ini tidak untuk skala.


Dalam gambar ini, bulan ini menutupi matahari di tengah hari. gerhana matahari total ini terlihat dari ujung utara Australia pada 13 November 2012. Gambar milik Romeo Durscher.

Tapi tidak semua orang bisa menyaksikan gerhana matahari. Mendapatkan kesempatan untuk melihat gerhana matahari total jarang. Bayangan bulan di bumi tidak terlalu besar, sehingga hanya sebagian kecil dari tempat di Bumi akan melihatnya. Anda harus berada di sisi cerah dari planet ketika itu terjadi. Anda juga harus berada di jalur bayangan bulan.
Rata-rata, tempat yang sama di Bumi hanya akan melihat gerhana matahari selama beberapa menit setiap 375 tahun!

Peringatan!
Jangan melihat langsung pada Matahari, bahkan untuk yang kedua! Ini akan merusak penglihatan Anda selamanya!
Untuk melihat gerhana matahari, gunakan kacamata khusus untuk melihat matahari. Dapatkannya dari toko kamera atau online.
KACAMATA TIDAK BEKERJA, BAHKAN JIKA ANDA MENUMPUKKAN BANYAK DARI MEREKA BERSAMA.

Gerhana Bulan

Selama gerhana bulan, bumi mendapat cahaya matahari penuh. Berarti pada malam hari, bulan purnama memudar dan tertutupi oleh bayangan bumi.
bulan juga dapat terlihat kemerahan karena atmosfer bumi menyerap warna lain disaat itu cahaya terpantul ke arah bulan. Sinar matahari berbelok melalui atmosfer dan menyerap warna lain itulah mengapa matahari terbenam oranye dan merah.


Catatan: Diagram ini tidak untuk skala.


 Bulan tampak oranye-merah dalam gerhana bulan total pada tanggal 27 Oktober 2004.

Mengapa Gerhana Bulan Tidak Terjadi Setiap Bulan?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kita tidak memiliki gerhana bulan setiap bulan seperti bulan mengorbit bumi. Memang benar bahwa bulan berputar mengelilingi Bumi setiap bulan, tetapi tidak selalu mendapatkan bayangan bumi. Orbit bulan mengelilingi bumi miring jika dibandingkan dengan orbit bumi mengelilingi matahari. Bulan bisa dibelakang bumi, tapi masih bisa terkena cahaya dari matahari.


Dalam diagram ini, Anda dapat melihat bahwa orbit bulan mengelilingi matahari miring. Inilah mengapa kita tidak mendapatkan gerhana bulan setiap bulan. Diagram ini bukan untuk skala: bulan adalah jauh lebih jauh dari Bumi daripada yang ditampilkan di sini.
Karena mereka tidak terjadi setiap bulan, gerhana bulan adalah hal yang istimewa. Tidak seperti gerhana matahari, banyak orang bisa melihat setiap gerhana bulan. Jika Anda tinggal di setengah malam dari Bumi saat gerhana terjadi, Anda akan dapat melihatnya.

Mengingat Perbedaan


Sangat mudah untuk mendapatkan kedua jenis gerhana bercampur. Cara mudah untuk mengingat perbedaannya adalah dalam nama. Nama memberitahu Anda apa yang akan lebih gelap ketika gerhana terjadi. Dalam gerhana matahari, matahari menjadi gelap. Dalam gerhana bulan, bulan akan lebih gelap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar