Pages

Sabtu, 04 Juni 2016

Atmosfer di Bumi

Suasana Bumi

Bumi adalah planet yang bagus untuk dihuni karena memiliki suasana yang indah di sekitarnya. Yang membuatnya terjaga adalah atmosfer. Jaket gas ini telah melakukan banyak hal untuk kita. Itu membuat kita hangat, memberikan kita oksigen untuk bernapas, dan itu juga yang membuat cuaca.
Atmosfer mengelilingi planet kita seperti kulit jeruk. Tapi tidak memiliki lapisan yang sama memiliki lapisan yang berbeda-beda dengan kualitas yang berbeda pula.
Satu atmosfer, banyak lapisan, atmosfer bumi memiliki enam lapisan yang berbeda. Dimulai dari permukaan tanah hingga ke luar angkasa. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing lapisan atmosfer, klik gambar di bawah ini.

Troposphere
Lapisan yang kita sebut rumah
Paling dekat dengan permukaan bumi, kita memiliki Troposfer. "Tropos" berarti perubahan. Lapisan ini mendapatkan namanya dari cuaca yang terus berubah dan mencampur gas di bagian atmosfer kita.
Troposfer adalah antara 5 dan 9 mil (8 dan 14 kilometer) tebal tergantung di mana Anda berada di bumi. Bagian tertipis berada di Kutub Utara dan Selatan.
Lapisan ini memiliki udara yang kita hirup dan terlihatnya awan di langit. Udara terpadat di lapisan terendah ini. Bahkan, troposfer berisi tiga-perempat dari massa seluruh atmosfer. Udara di sini adalah 78% nitrogen dan 21% oksigen. Yang terakhir 1% terbuat dari argon, uap air, dan karbon dioksida.
Ketika Anda merasa angin di wajah Anda, lihat awan di langit, dan melihat burung mengepakkan sayapnya untuk terbang, Anda berada di lapisan troposfer. Lapisan yang cukup bagus untuk menelepon ke rumah.

Stratosphere



Lapisan yang terbuat dari lapisan
Di atas troposfer dan di bawah mesosfer, kita memiliki stratosfer. "Strat" ​​berarti lapisan. Lapisan ini dari atmosfer kita yang telah menetapkan sendiri lapisannya. Tidak ada badai atau turbulensi di sini untuk mencampur udara, begitu dinginnya, udara berat dan hangat dari bagian bawah, udara cahaya dari bagian atas. Itulah kebalikan dari bagaimana lapisan troposfer bekerja dan di mana kita hidup. Jika Anda mendaki gunung hingga lapisan stratosfer Anda harus menanggalkan pakaian hangat Anda saat Anda semakin dekat ke puncak. Tetapi tidak ada gunung yang cukup tinggi untuk mencapai stratosfer, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu.
Lapisan ini memiliki ketebalan 22 mil (35 kilometer). Stratosfer adalah di mana Anda akan menemukan lapisan ozon yang sangat penting. Lapisan ozon membantu melindungi kita dari radiasi ultraviolet (UV) dari matahari. Bahkan, lapisan ozon menyerap sebagian besar radiasi UV matahari mengirimkan kepada kami. Kehidupan seperti yang kita tahu itu tidak akan mungkin tanpa lapisan pelindung ini.

Mesosfer
Salah satu lapisan atmosfer bumi di mana meteor terbakar.
Lapisan tengah.
Mesosfer terletak di antara termosfer dan stratosfer. "Meso" berarti tengah, dan ini adalah lapisan tertinggi dari atmosfer di mana gas semua bercampur bukannya berlapis oleh massa mereka.
Mesosfer memiliki ketebalan 22 mil (35 kilometer). udara masih tipis, sehingga Anda tidak akan bisa bernapas di mesosfer. Tapi ada lebih banyak gas dalam lapisan ini daripada di lapisan termosfer.
Apakah Anda pernah melihat hujan meteor, di mana meteor terbakar dan pecah di langit? Beberapa orang menyebutnya bintang jatuh. Mereka adalah meteor yang terbakar di mesosfer. Meteor telah melalui lapisan eksosfer dan termosfer tanpa banyak kesulitan karena mereka lapisan yang tidak memiliki banyak udara. Tapi ketika mereka menghantam lapisan mesosfer, ada cukup gas untuk menyebabkan gesekan dan membuatnya panas.

Ionosphere
Aktif, mengubah lapisan
Lapisan menarik yang disebut ionosfer tumpang tindih antara mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Ini adalah bagian yang sangat aktif dari atmosfer, dan itu tumbuh dan menyusut tergantung pada energi yang menyerap dari matahari. Namanya berasal dari kenyataan bahwa gas dalam lapisan ini sangat antusias dengan radiasi matahari membentuk "ion," yang memiliki muatan listrik.
Bagian dari tumpang tindih ionosfer dengan magnetosfer bumi. Itu daerah sekitar Bumi di mana partikel bermuatan merasakan medan magnet bumi.
Di ionosfer, partikel bermuatan dipengaruhi oleh medan magnet dari kedua Bumi dan matahari. Di sinilah aurora terjadi. Mereka terang, pemandangan cahaya yang indah kadang-kadang terlihat dekat kutub bumi. Mereka disebabkan oleh partikel energi tinggi dari matahari berinteraksi dengan atom di lapisan ini.

Thermosfer
Salah satu lapisan atmosfer bumi di mana stasiun ruang angkasa internasional berada.
Panas yang tidak akan membuat Anda hangat
termosfer terletak di antara lapisan eksosfer dan mesosfer. "Thermo" berarti panas, dan suhu di lapisan ini bisa mencapai hingga 4.500 derajat Fahrenheit. Jika Anda memiliki rencana untuk nongkrong di thermosfer, Anda akan sangat kedinginan, karena molekul gas tidak cukup untuk mentransfer panas ke Anda. Ini juga berarti tidak ada cukup molekul untuk gelombang suara dalam melintasi perjalanan pada lapisan ini.
Lapisan dari atmosfer bumi ini memiliki ketebalan sekitar 319 mil (513 kilometer). Itu jauh lebih tebal dari lapisan dalam atmosfer, tetapi tidak hampir setebal eksosfer.
Termosfer adalah rumah dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam mengorbit Bumi. Di lapisan ini juga Anda akan menemukan banyak satelit dengan orbit terendah pada lapisan Bumi ini. Ada banyak hal yang terjadi di termosfer!

Exosphere

Lapisan terluar
eksosfer adalah lapisan terluar dari atmosfer kita. "Exo" berarti di luar, awalan yang sama yang digunakan untuk menggambarkan serangga seperti belalang yang memiliki cangkang keras atau "exoskeleton" di lapisan terluar tubuh mereka.
Eksosfer adalah tepi atmosfer kita. Lapisan ini memisahkan sisa suasana dari luar angkasa dengan ketebalan 6200 mil (10.000 kilometer), Wow!. Itu hampir selebar Bumi itu sendiri. Eksosfer adalah benar-benar besar. Itu berarti bahwa untuk sampai ke luar angkasa, Anda harus benar-benar jauh dari Bumi.

Eksosfer memiliki gas seperti hidrogen dan helium, dan mereka memiliki area penyebaran yg sangat luas. Ada banyak ruang kosong di antaranya dan tidak ada udara untuk bernapas, serta lapisan ini sangatlah dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar