Pages

Sabtu, 11 Juni 2016

Planet Venus Dan Perangkapnya


Meskipun Venus bukanlah planet terdekat dengan matahari, planet ini masih dalam kategori terpanas karena kecil dan berbatu serta memiliki atmosfer yang tebal penuh dengan gas karbon dioksida dan awan yang terbuat dari asam sulfat. Perangkap gas panas dan membuat Venus terbakar hangat. Faktanya, Planet Venus sangatlah panas, logam seperti timah akan meleleh dan mencair seperti genangan air.

Venus tampak seperti planet yang sangat aktif. Memiliki pegunungan dan gunung berapi. Venus serupa dalam ukuran dengan Bumi. Bumi adalah hanya sedikit lebih besar.

Venus tidak biasa karena berputar berlawanan arah Bumi dan sebagian besar planet lainnya, dengan rotasi yang sangat lambat. Membutuhkan waktu sekitar 243 hari (perhitungan hari di Bumi) untuk berputar hanya sekali. Karena begitu dekat dengan matahari, setahun berlalu cepat. Dibutuhkan 225 hari (perhitungan hari di Bumi)  bagi Venus untuk mengelilingi matahari. Itu berarti bahwa satu hari di Venus sedikit lebih lama dari satu tahun di Venus.

Sejak hari dan tahun panjang mirip, satu hari di Venus tidak seperti hari di Bumi. Di sini, matahari terbit dan terbenam sekali setiap hari. Tapi di Venus, matahari terbit setiap 177 hari Bumi. Itu berarti matahari terbit dua kali selama setiap tahun pada Venus, meskipun masih pada hari yang sama di Venus! Dan karena Venus berputar mundur, matahari terbit di barat dan terbenam di timur.

Sama seperti Merkurius, Venus tidak memiliki bulan apapun.

Bagaimanakah Tampilan Venus?


Foto suasana putaran awan coklat Venus yang kemerahan.
Di sini Anda dapat melihat awan yang menutupi Venus.

Sebuah foto berwarna dari Venus yang menggunakan biru, hijau, kuning, dan merah untuk menunjukkan perbedaan permukaan seperti kawah dan pegunungan.
Ini adalah kombinasi dari gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Magellan. Warna-warna telah diubah sehingga Anda dapat melihat semua perbedaan di permukaan Venus. Magellan menggunakan radar untuk mendapatkan informasi tentang permukaan Venus, yang kita tidak bisa biasanya melihat karena ketebalan dari awan atmosfer.


Foto dari kawah besar dan banyak celah-celah putih di permukaan
Sebuah kawah di permukaan Venus. Membentang sepanjang 45 mil (72 km) lebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar