Pages

Sabtu, 11 Juni 2016

Seperti Apakah Planet Saturnus?


Saturnus bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin, tapi cincinnya-lah yang paling indah. Cincinnya terbuat dari sekelompok rangkaian kumparan-kumparan kecil yang mengelilingi Saturnus. Mereka terbuat dari bongkahan es dan batu. Seperti Jupiter, Saturnus sebagian besar adalah gas yang terdiri dari hidrogen dan helium dan memiliki atmosfer yang tebal. Planet Saturnus memiliki 53 Bulan! juga memiliki 9 bulan yg perlu diteliti.

Sehari di Planet Saturnus sama dengan 10 jam 7 menit, satu putaran penuh pada matahari membutuhkan waktu 29,5 tahun (dihitung dalam tahun bumi). Ketika Galileo Galilei melihat Saturnus melalui teleskop di tahun 1600-an, ia tidak yakin apa yang dilihatnya. Pada awalnya ia mengira ia melihat tiga planet, atau planet dengan pegangan. Sekarang kita tahu hal itu adalah cincin Saturnus yang memiliki 7 lapisan inti pada cincin dan ruang diantara masing-masing dari mereka.

Apa Saturnus terlihat seperti?


Pesawat ruang angkasa Cassini mengambil gambar ini dari cincin Saturnus. Anda dapat melihat warna abu-abu dan cokelat.

Sebuah foto Saturnus dengan cincin yang pada sudut mengarah ke atas. Sebelah Saturnus dua titik putih, yang bulan.


Ini adalah gambar dari Saturnus dan bulan-bulannya Tethys dan Dione. Voyager I mengambil gambar ini karena lewat.


Sebuah foto Planet Saturnus dimana diterangi dari belakang oleh sinar matahari. Saturnus dan cincinnya yang hampir hitam, dan sinar matahari membuat tepi planet menyala.

NASA Cassini pesawat ruang angkasa pergi ke belakang Saturnus dan mengambil gambar ini pada tahun 2013. Anda dapat melihat tujuh bulan dan inti cincin.


Sebuah foto Saturnus melihat ke bawah di atasnya, menunjukkan cincin yang jelas. Bayangan Saturnus jatuh di sisi kiri dari cincin. Gambar ini diambil oleh NASA Cassini pesawat ruang angkasa pada 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar