Pages

Sabtu, 11 Juni 2016

Seperti Apakah Planet Jupiter?

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Sebagian besar terbuat dari hydrogen dan helium yang membuatnya memiliki atmosfer yang sangat tebal. Planet dilapisi garis-garis awan yang berputar-putar. Memiliki badai yang sangat besar seperti Great Red Spot( area besar yg berwarna merah disebabkan oleh putaran badai ), yang telah berlangsung selama ratusan tahun. Jupiter adalah planet gas raksasa dan tidak memiliki permukaan padat, tetapi mungkin memiliki inti yang solid seukuran Bumi. Jupiter juga memiliki cincin, tapi mereka terlalu samar untuk bisa terlihat.

Satu hari di Jupiter sama dengan 10 jam di Bumi, sangat cepat!. Sedangkan satu tahun Jupiter sama dengan 11, 8 tahun di Bumi. Planet Jupiter telah diketahui sejak jaman kuno karena bisa dilihat dengan telescope sederhana.
Jupiter memiliki 50 bulan yang telah diakui dan 17 bulan lainnya yang masih dalam proses konfirmasi. Banyak dari satelit yang dibuat telah berkunjung atau melewati Planet Jupiter seperti Pioner 10 dan 11, Voyager 1 dan 2, Cassini dan New Horizons. Juno tiba pada bulan Juli 2016.


Sebuah foto dari Jupiter di sudut kiri atas, jelas menunjukkan warna Jupiter: coklat, abu-abu, dan merah. Bulan kecil di sudut kanan bawah.


Di sini Anda dapat melihat Jupiter dan salah satu dari banyak bulannya, Ganymede.

Wajah penuh Jupiter dengan Great Red Spot di sisi kanan. Sebuah tempat gelap kecil di sisi kiri Jupiter adalah bayangan bulan melintas di depan.


Gambar ini sebenarnya empat gambar yang diambil oleh Cassini. Titik gelap di sebelah kiri adalah bayangan dari Europa, bulan Jupiter.

Sebuah close up gambar Jupiter Red Spot, menunjukkan gumpalan gas coklat dan merah.


Gambar ini diambil oleh Voyager 2 menunjukkan Great Red Spot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar